Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

 OFFICIAL WEBSITE

Tisna Nugraha ✆ 0812-1001-419
Informasi produk >>> Harga Lantai Kayu

Kelebihan & Kekurangan Lantai SPC yang Perlu Disimak!

 

Kelebihan kekurangan lantai SPC

Kelebihan kekurangan lantai SPC - Saat hendak menciptakan sensasi baru terhadap tampilan interior dan eksterior rumah, tentu saja ada berbagai elemen yang bisa dirubah. Ya, salah satunya adalah lantai.

Umumnya masyarakat Indonesia menggunakan jenis lantai keramik yang bermotif mapun yang polos. Namun, tak sedikit juga dari mereka yang sudah merasa bosan sehingga ingin mengganti lantainya dengan material lain.

SPC pun menjadi salah satu jenis material berupa parket sintetis yang saat ini sedang digandrungi. Lantas, apa yang dimaksud dengan lantai SPC?

Nah, untuk mengenal lebih jauh lagi seputar lantai SPC, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Pengertian SPC

Istilah SPC itu merupakan singkatan dari Stone Plastic Composite, dimana ia merupakan produk lantai sintetis yang terbuat dari bahan limestone (batu kapur) untuk membuat dasar lantai yang kokoh dan kuat. Adapun materialnya yang terdiri dari berbagai campuran bahan, seperti batu kapur, serbuk PVC, dan stabilizer.

Pengertian SPC

Dinilai dari strukturnya, lantai SPC terbagi menjadi 4 bagian lapisan. Untuk lapisan pertama adalah wear layer yang berfungsi sebagai pelindung dari goresan dan noda pada permukaan lantai SPC, sedangkan lapisan kedua berupa printing film yang berperan sebagai warna atau pola dari lantainya.

Pada lapisan ketiga adalah SPC Core yang berupa papan terbuat dari bahan limestone, dan berguna untuk menjaga stabilitas dari keseluruhan lantai SPC. Adapun mengenai lapisan keempat bernama underlayment yang berupa busa, dimana ia memiliki sifat optional.

Itu artinya, ada tipe produk lantai SPC yang menggunakan underlayment dan ada juga yang tidak menggunakan underlayment.

Tentunya lantai SPC menjadi salah satu alternatif terbaik untuk menggantikan peran parket kayu solid, karena harga yang ditawarkannya memang lebih murah. Meski harganya lebih murah, kualitas yang dimilikinya tidaklah murahan lho!

Kelebihan Lantai SPC

1. Tak Butuh Perawatan Khusus

Sebenarnya proser perawatan terhadap lantai SPC ini juga tergolong mudah. Bagaimana tidak? sebab kamu hanya perlu menyapu dan mengepelnya saja seperti biasa.

lantai spc Tak Butuh Perawatan Khusus

Lain halnya dengan jenis lantai kayu solid, yang mana ia membutuhkan perawatan khusus guna menjaga kekuatannya agar tetap stabil. Kendati demikian, ternyata ada beberapa trik tertentu yang membuat cara merawat lantai kayu solid menjadi lebih mudah.

Selain mudah dirawat, ternyata lantai SPC ini tidak mudah mengalami pemuaian lho. Pasalnya, lantai SPC mengandung bahan PVC yang membuatnya tahan terhadap perubahan cuaca ekstrim.

Alhasil, lantai SPC tidak akan mudah mengalami pemuaian meski sering terkena paparan sinar matahari. Itu sebabnya, mengapa lantai SPC dapat diaplikasikan pada hampir semua ruangan rumah.

2. Bisa Dipasang Pada Permukaan yang Kurang Rata

Inilah salah satu keunggulan lantai SPC yang tidak dimiliki oleh produk lantai kayu sintetis lainnya, termasuk lantai vinyl. Sehingga tak heran, jika lantai SPC bisa dipasang pada permukaan yang kurang rata.

lantai spc Bisa Dipasang Pada Permukaan yang Kurang Rata

Tentu saja hal tersebut juga akan sangat membantu dalam proses pemasangan yang menjadi lebih mudah dan simple.

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, lantai SPC yang memiliki sifat anti air sehingga membuatnya sangat cocok diaplikasikan pada area yang memiliki tingkat kelembapan tinggi seperti dapur.

3. Menyediakan Berbagai Macam Motif Pilihan

lantai spc Menyediakan Berbagai Macam Motif Pilihan

Tak hanya motif kayu, lantai SPC juga menyediakan berbagai varian motif lainnya sehingga dapat kita pilih yang sesuai dengan konsep rumah. Adapun varian motif lainnya dari lantai SPC, mulai dari bebatuan, keramik, pecahan kaca, dan masih banyak lagi.

4. Menawarkan Harga yang Lebih Murah Dari Parket Solid

lantai SPC Menawarkan Harga yang Lebih Murah Dari Parket Solid

Kelebihan berikutnya dari lantai SPC yang akan dibahas, yakni menawarkan harga yang jauh lebih murah dari lantai kayu solid. Itu sebabnya, mengapa lantai SPC selalu menjadi pilihan utama sebagai alternatif pengganti lanti kayu solid.

Kekurangan Lantai SPC

1. Tidak Sepenuhnya Tahan Terhadap Air

Walaupun produk lantai SPC diklaim memiliki 100% tahan terhadap air, namun ia tidak bisa direndam pada air dalam waktu yang cukup lama. Misalkan saat terjadi banjir, yang mana genangan airnya dapat membuat lantai SPC menjadi mudah rusak.

Untuk kamu yang tinggal dikawasan rawan banjir, maka lantai SPC ini tidak direkomendasikan sehingga penggunaan lantai kayu solid merupakan pilihan yang paling tepat.

2. Memiliki Kandungan Logam Berat

Kekurangan dari lantai SPC yang akan dibahas, yakni memiliki kandungan logam berat dan tentu saja kurang bagus untuk kesehatan tubuh manusia. Namun, masalah ini hanya berlaku bagi produk lantai SPC yang harganya murah saja.

Berbeda dengan lantai SPC yang harganya mahal, dimana ia memiliki kualitas yang lebih bagus serta kandungan logam beratnya tidak terlalu banyak.

3. Tidak Boleh Terpapar Sinar Matahari Dalam Waktu yang Lama

Selain tidak boleh terendam air dalam waktu yang lama, ternyata lantai SPC tidak boleh terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama juga . Itu sebabnya, mengapa lantai SPC tidak cocok diaplikasikan di area outdoor alias luar ruangan.

Untuk penggunaan pada area-area indoor tertentu seperti jendela atau balkon, sebaiknya kamu menggunakan tirai untu melindungi lantai SPC dari paparan sinar matahari secara langsung.

Nah, seperti itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari lantai SPC. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk menggunakan lantai SPC?

 

Post a Comment for "Kelebihan & Kekurangan Lantai SPC yang Perlu Disimak!"