Alasan Lantai Kayu Solid Menjadi Pilihan Terbaik

 Penggunaan kayu untuk lantai rumah memang sudah tidak asing lagi dalam penggunaannya. Kini rumah dengan berbagai konsep dan tema arsitektur banyak menggunakan lantai kayu sebagai interior maupun eksterior hunian. Lantai kayu sendiri bermacam-macam jenisnya, ada kayu solid, kayu hasil olahan, lantai parket, dan lainnya. Salah satu jenisnya yaitu lantai solid memiliki karakteristik dan keunggulannya sendiri karena dinilai sebagai jenis lantai kayu yang terkuat mengingat materialnya yang sepenuhnya terbuat dari kayu tanpa campuran bahan lain.

Menggunakan lantai kayu memang memberikan nilai estetika tersendiri serta membuat hunian tampak lebih mewah dan elegan. Selain itu, menggunakan lantai kayu dengan memperlihatkan motif kayu yang alami dari berbagai jenis pohon juga memberikan kesan yang natural dan segar. Menggunakan lantai kayu juga baik untuk kesehatan, jika dibandingkan dengan material lainnya yang memungkinkan memberikan dampak buruk seperti flu dan rematik. 

Pasalnya kayu justru bisa menyimpan suhu dimana saat siang justru akan memberikan kesejukan, dan ketika malam akan memberikan kehangatan karena panas yang disimpan dalam kayu ketika siang hari. Lantai kayu juga cenderung lebih empuk jika dibandingkan dengan material lantai lainnya.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, lantai kayu solid sendiri adalah jenis lantai kayu yang sepenuhnya terbuat dari material kayu asli tanpa adanya bahan campuran lain. Adapun jenis kayu yang biasa digunakan sebagai lantai kayu solid diantaranya adalah kayu jati, kayu merbau, kayu sonokeling, dan kayu bengkirai.

Keungulan Lantai Kayu Solid

Berikut ini adalah keunggulan atau keuntungan jika menggunakan lantai kayu solid sebagai interior hunian, yang juga menjadi alasan mengapa lantai kayu solid bisa menjadi pilihan terbaik untuk rumahmu.

Murni Terbuat dari Kayu Tanpa Campuran Bahan Lain

Murni Terbuat dari Kayu Tanpa Campuran Bahan Lain

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa dalam proses pembuatannya, kayu solid ini asli tanpa menambahkan bahan campuran produksi lainnya sehingga lantai kayu solid ini memiliki seluruh sifat asli dari kayu.Memiliki ketahanan dan keawetan yang tinggi

Lantai kayu sudah lama dikenal memiliki daya tahan dan tingkat keawetan yang tinggi karena memiliki sifat asli kayu yang jika semakin lama penggunaannya justru semakin baik dan semakin kuat. Apalagi lantai kayu solid yang murni terbuat dari kayu yang bisa tahan sampai puluhan tahun.

Memberikan Tampilan Yang Estetik

Memberikan Tampilan Yang Estetik

Lantai kayu solid memperlihatkan corak atau motif kayu asli yang estetik, berseni, dan natural sehingga memberikan tampilan rumah yang segar, natural, dan elegan.

Bisa Mengatur Suhu Ruang

Bisa Mengatur Suhu Ruang

Kayu bisa menyerap panas sehingga pada siang hari tidak akan terlalu panas, dan ketika malam hari dengan cuaca dingin, panas yang disimpan oleh lantai pada siang hari akan dikeluarkan sehingga ruangan akan lebih terasa hangat.

Baik Untuk Kesehatan

Baik Untuk Kesehatan

Lantai kayu bisa memberiken efek yang baik untuk kesehatan karena lantai kayu bersifat hangat. Karena sifat hangatnya ini, kayu bisa mencegah penghuni rumah dari penyakit rematik dan flu. Selain itu, karena kayu terbuat dari material alami, lantai kayu pada hunian tidak akan mengeluarkan senyawa organik yang berbahaya untuk kesehatan.

Permukaannya Empuk

Permukaannya Empuk

Jika dibandingkan dengan material lainnya, lantai kayu ini tidak terlalu keras, yang justru empuk sehingga bisa meminimalisir terjadinya cedera bila terjatuh di atasnya.

Bisa Digunakan Dimana Saja

Bisa Digunakan Dimana Saja

Lantai solid ini sifatnya serbaguna karena bagus ditempatkan dimana saja dan bentuk ruangan apa saja, mulai dari hunian hingga perkantoran. Untuk di hunian pribadi, lantai kayu solid adalah pilhan tepat untuk digunakan di ruang tamu, kamar bersantai, dan kamar tidur karena bisa memberikan suasana hangat dan homey.

Mudah Dalam Perawatannya

Mudah Dalam Perawatannya

Untuk perawatannya sendiri terbilang cukup  mudah, kamu bisa menggunakan sapu atau vacuum cleaner untuk membersihkan debu, kotoran, atau remah-remah. Untuk mengepelnya, kamu bisa menggunakan pel biasa namun hindari jangan terlalu basah karena lantai kayu solid yang sering terkena air itu tidak baik.

Bisa Diperbaharui atau Dicat Ulang

Bisa Diperbaharui atau Dicat Ulang

Jika lantai kayu solid rumahmu sudah mulai kusam, kamu bisa mengatasinya dengan cara mengecat ulang. Umur lantai kayu solid sendiri mencapai hingga 20 tahun bahkan lebih. Namun agar awet, kamu bisa melakukan perawatan dengan proses waxing atau penyemiran ulang setiap 3 bulan. Apabila tidak bisa dilakukan sendiri, kamu bisa menggunakan jasa tenaga professional untuk melakukan hal ini.

Comments

Popular posts from this blog

Jenis Lantai Kayu Jakarta Untuk Indoor dan Outdoor dan Tips Memilihnya

Penyedia Lantai Parket Kayu Pasuruan