Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

 OFFICIAL WEBSITE

Tisna Nugraha ✆ 0812-1001-419
Informasi produk >>> Harga Lantai Kayu

Ternyata Ini Beragam Keunggulan Plafon Kayu yang Jarang Diketahui

 

keunggulan plafon kayu

Keunggulan plafon kayu – Sebenarnya ada beragam jenis material yang bisa dipalikasikan sebagai plafon untuk hunian. Tentu saja pada masing-masing jenis material plafon tersebut memiliki karakteristiknya tersendiri.

Seperti halnya plafon yang berbahan kayu solid yang mempunyai ciri khas berbeda dengan jenis material lannya. Lantas, seperti apa sajakah keunggulan dari plafon kayu? Nah, untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Keunggulan Plafon Kayu

1. Menonjolkan Kesan yang Mewah dan Natural

Keunggulan pertama dari penggunaan plafon kayu yang akan dibahas, yakni dapat memberikan kesan mewah dan natural. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat material yang digunakannya terbuat dari bahan kayu asli.

plafon kayu dapat Menonjolkan Kesan yang Mewah dan Natural

Itu sebabnya, mengapa penggunaan plafon kayu saat ini kian diminati untuk berbagai tipe bangunan mulai dari café, objek wisata, hotel, villa, hingga rumah pribadi.

Baca Juga : Perbandingan Lantai Parket Kayu Vs Keramik yang Menarik untuk Dibahas

2. Proses Instalasi yang Tidak Memakan Waktu Lama

Selain dapat menonjolkan kesan yang mewah dan natural, ternyata proses pemasangan plafon kayu juga terbilang cukup mudah lho. Pasalnya, setiap lembaran plafon kayu sudah memiliki profile alur dan lidah yang membuatnya menjadi lebih mudah dipasang, lebih kuat, dan presisi.

Proses Instalasi yang Tidak Memakan Waktu Lama

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, plafon kayu hadir dalam bentuk lembaran-lembaran kayu yang sudah dikeringkan sehingga dapat mengurangi tingkat pemuaian maupun penyusutan.

3. Memiliki Kemampuan Menyerap Akustik

Inilah yang menjadi alasan, mengapa plafon kayu selalu menjadi andalan bagi mereka yang rumahnya berada di pinggir-pinggir jalan atau di pusat keramaian. Menurut informasi yang didapat, plafon kayu mempunyai panel akustik berlubang yang berperan untuk memperkuat kapasitas penyerapan akustik serta mengendalikan gema akustik.

plafon kayu Memiliki Kemampuan Menyerap Akustik

Dengan kemampuannya yang dapat meredam suara berisik, maka tak heran juga jika plafon kerap diaplikasikan untuk studio musik, gedung konser, opera, hingga rumah pribadi.

4. Berperan Sebagai Pengatur Suhu Ruangan

plafon kayu Berperan Sebagai Pengatur Suhu Ruangan

Keunggulan berikutnya dari plafon kayu yang harus diketahui, yakni berperan sebagai pengatur suhu ruangan. Ya, ketika musim kemarau, plafon kayu memiliki kemampuan yang dapat meredam energy panas, sehingga suhu dalam ruangan rumahmu akan tetap terasa sejuk.

Begitu pun saat terjadi musim dingin, maka plafon kayu ini dapat menjaga suhu dalam ruangan rumah agar tetap hangat.

Jenis-jenis Kayu Terbaik Untuk Plafon

1. Kayu ulin

Jenis kayu dengan tekstur sekeras besi ini berasal dari Kalimantan yang memang kerap digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti konstruksi, property, hingga furniture. Kayu ulin juga memiliki istilah populer lainnya, yakni “kayu besi” dikarenakan memiliki tekstur yang sangat keras.

Jenis-jenis Kayu Terbaik Untuk Plafon - kayu ulin

Tak cuma itu, bahkan kualitas kayu ulin sudah terbukti sangat baik mulai dari tingkat kekerasan, tingkat kekuatan, tingkat keawetan, pola serat dan warnanya yang begitu indah. Kendati demikian, kayu ulin memiliki satu kekurangannya yaitu bobot yang lebih berat daripada jenis kayu lainnya.

Tapi kabar baiknya, kayu ulin masih bisa diolah dengan mudah sehingga ketebalannya bisa di pertipis dan cocok dijadikan untuk produk plafon kayu, lantai kayu, dan dinding kayu.

Menariknya lagi, kayu keruing pun tampil dengan warna merah cerah kecoklatan yang pastinya bisa mempertegas kesan mewah, elegan, natural dan hangat pada sebuah hunian.

Artikel Serupa : Jual Kayu Khas Kalimantan

2. Kayu Momala

Meski namanya kurang populer, namun kayu momala memiliki kualitas yang tidak kalah bagusnya dari kayu ulin lho. Hal itu bukan tanpa alasan, karena jenis kayu momala memiliki tingkat kekuatan dan keawetan yang termasuk kedalam kategori kelas I dan kelas II.

Jenis-jenis Kayu Terbaik Untuk Plafon - kayu momala

Sedangkan untuk tampilan fisiknya, kayu momala tampil dengan warna cokelat dan cokelat kemerahan yang bertekstur keras. Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika kayu momala sering dimanfaatkan untuk bahan baku pembuatan plafon atau lambersering dan property kayu lainnya.

3. Kayu Agathis

Jenis plafon kayu terbaik berikutnya yang akan dibahas, yakni bernama plafon kayu agathis. Jenis kayu yang satu ini lebih populer dengan sebutan kayu damar, yang memiliki tingkat kekerasan dan tingkat keawetan kelas III.

Jenis-jenis Kayu Terbaik Untuk Plafon - kayu agathis

Itu sebabnya, mengapa tekstur kayu agathis cenderung agak lunak yang menjadikannya lebih mudah diolah untuk produk-produk property rumah, seperti plafon kayu maupun lambersering (dinding kayu).

4. Kayu Keruing

Dalam industry perkayuan, menyebutkan bahwa tingkat kekerasan dan kekuatan pada kayu keruing ini hampir setara dengan kayu jati.

Jenis-jenis Kayu Terbaik Untuk Plafon - kayu keruing

Dari segi bobotnya, kayu ini keruing ini memang lebih ringan dibanding kayu jati maupun jenis kayu lainnya. Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika kayu keruing cocok digunakan untuk bahan baku pembuatan plafon, lantai parket, decking, dan lain sebagainya.

Nah, seperti itulah beberapa keunggulan plafon kayu beserta rekomendasi jenis kayu terbaiknya, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi saat hendak membangun maupun merenovasi rumah.

 

Post a Comment for "Ternyata Ini Beragam Keunggulan Plafon Kayu yang Jarang Diketahui"