Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

 OFFICIAL WEBSITE

Tisna Nugraha ✆ 0812-1001-419
Informasi produk >>> Harga Lantai Kayu

Perbandingan Lantai Parket Kayu vs Keramik yang Menarik Untuk Dibahas

 

Parket kayu vs keramik

Parket kayu vs keramik – Dalam bidang konstruksi, kayu dan keramik memang selalu diandalkan untuk menunjang berbagai kebutuhan bangunan. Ya, lantai pun menjadi salah satu elemen bangunan yang kerap menggunakan material kayu dan keramik.

Lantai kayu alias parket tentunya memiliki karakteristik yang berbeda dengan lantai keramik. Lantas, mana yang lebih bagus diantara lantai parket kayu dan keramik?

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas seputar perbandingan lantai parket kayu vs lantai keramik. Tanpa banyak Panjang lebar lagi, yuk kita simak saja langsung ulasannya berikut.

Perbandingan Lantai Parket Kayu vs Lantai Keramik

1. Dari Segi Bahan

  • Lantai Parket:

Pada dasarnya, parket merupakan sebuah material penutup lantai berbahan kayu solid (kayu utuh). Dalam proses pembuatannya, kayu solid tersebut akan dipotong sampai bentuknya menjadi persegi atau lempengan.

bahan lantai parket

Setelah itu, lempengan-lempengan kayu tadi akan melalui proses selanjutnya sampai mendapatkan kadar MC (Moisture Content). Akan tetapi, tidak semua jenis kayu bisa dijadikan bahan baku untuk pembuatan produk parket.

Pasalnya, jenis kayu yang digunakan untuk bahan baku parket harus mempunyai kualitas mumpuni mulai dari tingkat kekerasan, tingkat kekuatan, tingkat keawetan, dan tingkat keindahan warna serta pola seratnya.

Baca Juga : Review Harga Cat Impra Melamine yang Beradasarkan Jenisnya

  • Lantai Keramik:

Umumnya Material keramik terbuat dari bahan tanah liat berwarna merah dan coklat yang akan mengalami proses pembentukan hingga pembakaran. Tak hanya itu, pembuatan keramik juga biasanya akan menggunakan dua teknik yaitu teknik basah dan teknik kering.

bahan lantai keramik

Dalam proses pengolahan bahannya akan melalui beberapa tahap, mulai dari pengurangan ukuran butir, penggilingan, penyaringan, pencampuran, pengurangan kadar air, dan pengulian. Setelah melalui tahap-tahap tersebut, maka akan dilakukan proses pembentukan yang melalui tiga Teknik, yaitu Teknik pijiat tangan, Teknik pilin (colling), dan teknik putar.

2. Tingkat Kekuatan dan Keawetan

Pada dasarnya, lantai kayu dengan lantai keramik memiliki tingkat kekuatan dan ketahanan yang bagus. Hal itu pun terbukti, dimana lantai kayu dan lantai keramik dapat digunakan dalam jangka waktu yang sangat lama.

perbandingan Tingkat Kekuatan dan Keawetan

Itu sebabnya, mengapa kedua material ini selalu menjadi pilihan utama dalam bidang konstruksi. Namun, penggunaan lantai kayu hanya beraku bagi kalangan menengah ke atas saja. Sedangkan lantai keramik bisa dijangkau oleh siapa saja karena harganya yang memang relative murah.

3. Tingkat Keindahan

perbandingan Tingkat Keindahan

Memang cukup sulit untuk menilai keindahan tampilan antara lantai kayu dengan lantai keramik. Hal itu bukan tanpa alasan, karena setiap orang pastinya memiliki penilaian tersendiri. Mulanya lantai keramik tersedia kedalam dua motif saja, yakni motif bercorak dan polos.

Seiring dengan berjalannya waktu, kini telah hadir lantai keramik dengan motif kayu. Meski demikian, tingkat keindahan lantai kayu tampaknya lebih unggul karena mampu menghadirkan kesan yang natural dan elegan.

4. Tingkat Perawatan

perbandingan Tingkat Perawatan

Untuk perbandingan tingkat perawatan, lantai keramik memang lebih simple ketimbang perawatan pada lantai kayu. Pasalnya, perawatan lantai keramik hanya perlu di pel dan disapu secara rutin. Lain halnya dengan lantai kayu yang membutuhkan perawatan khusus.

5. Perbandingan Harga

Ini dia perbandingan yang paling menonjol diantara lantai kayu dengan lantai keramik. Ya, seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi bahwa lantai kayu hanya bisa dijangkau oleh kalangan menengah ke atas saja.

Perbandingan Harga lantai parket kayu vs keramik

Hal itu bukan tanpa alasan, karena harga lantai kayu yang memang lebih mahal dibanding harga lantai keramik. ‘Mahalnya harga lantai kayu tidak semata-mata karena kualitasnya saja, melainkan juga proses pemasangannya yang terbilang rumit.

Meski mahal, namun penggunaan lantai kayu benar-benar dapat memberikan kepuasan maksimal bagi penghuninya lho.

Artikel Serupa : Penjual Lantai Kayu di Depok

Demikianlah ulasan singkat mengenai perbandingan lantai parket kayu vs lantai keramik, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan saat hendak membangun maupun merenovasi rumah.

Jadi, apakah lebih suka menggunakan lantai kayu atau lantai keramik?

Post a Comment for "Perbandingan Lantai Parket Kayu vs Keramik yang Menarik Untuk Dibahas"