Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

 OFFICIAL WEBSITE

Tisna Nugraha ✆ 0812-1001-419
Informasi produk >>> Harga Lantai Kayu

Tak Perlu Modal Besar! Begini Cara Mudah Merawat Lantai Parket Kayu Solid

 

Cara merawat lantai parket kayu

Cara merawat lantai parket kayu – Pada dasarnya produk lantai parket terbagi kedalam dua jenis yang berbeda, yakni lantai parket solid dan lantai parket sintetis. Meski memiliki tampilan yang serupa, namun keduanya memiliki perbedaan dari segi kualitas.

Untuk kualitasnya, tentu saja lantai parket solid lebih bagus ketimbang parket sintetis. Pasalnya, lantai parket solid terbuat dari bahan kayu asli tanpa campuran bahan kimia.

Tak hanya berbeda dari segi kuailtas, perbedaan antara lantai parket solid dengan parket sintetis juga terapat pada cara perawatannya lho.

Nah, secara kebetulan pada kesempatan kali ini akan membahas seputar cara mudah dalam merawat lantai parket kayu solid. Tanpa banyak panjang lebar lagi, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

6 Tips Simple Merawat Lantai Parket Kayu

1. Gunakan Produk Pembersih Khusus

Sebenarnya produk pengharum lantai bisa kamu gunakan untuk lantai kayu. Namun, kamu tidak boleh sembarangan dalam menggunakan produk pembersih lantainya.

Gunakan Produk Pembersih Khusus

Sebab tidak semua produk pembersih lantai yang ada dipasaran itu aman digunakan untuk lantai kayu. Menurut kabar yang beredar, ada beberapa zat-zat kimia yang justru akan merusak lantai kayunya. Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih produk pembersih yang memang khusus untuk lantai kayu.

Satu poin penting lagi, jangan lupa juga untuk membaca petunjuk cara penggunaannya, serta ikuti langkah-langkah yang sudah tertera pada produk pembersih lantai tersebut

Baca Juga : Ini Alasan Lantai Kayu Solid Menjadi Pilihan Terbaik

2. Bersihkan Langsung Saat Ada Noda dan Kotoran

Lantai parket kayu memang cukup rentan terhadap berbagai jenis kotoran, seperti tumpahan makanan-minuman, pensil warna, dan lain sebagainya. Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena kotoran noda yang menempel pada lantai kayu tersebut cukup mudah dibersihkan.

Bersihkan Langsung Saat Ada Noda dan Kotoran

Ketika permukaan lantai kayu terkena tumpahan tinta, kamu pun bisa langsung membersihkannya menggunakan campuran air dan detergen.

Setelah itu, gosok permukaan lantainya secara perlahan sampai kotoran tinta tadi benar-benar hilang. Jika sudah demikian, segera keringkan permukaan lantai kayu dengan kain bertekstur halus

3. Mengepel & Menyapu Secara Rutin

Kamu harus menyapu dan mengepel lantai kayu setiap hari agar tingkat kebersihannya senantiasa terjaga. Hal itu bukan tanpa alasan, karena tingkat kenyamanan pijakan pada lantai kayu ini juga tergantung dari kebersihannya.

Mengepel & Menyapu Secara Rutin

Dalam menyapunya, lebih baik kamu menggunakan sapu bertekstur lembut agar tidak merusak serat lantai kayu tersebut.

Disamping itu, kamu harus lebih teliti lagi sebab warna lantai kayu akan berubah menjadi gelap jika ada kotoran yang tertinggal. Kamu pun bisa menyapunya sebanyak satu hingga dua kali sehari, sehingga lantai kayu akan tetap bersih.

Setelah selesai disapu jangan lupa untuk mengepelnya, karena terkadang ada kotoran-kotoran menempel yang tidak bisa terangkat oleh sapu. Namun, sebelum mengepelnya kamu harus pastikan dulu apakah lantai kayu tersebut sudah dilapisi dengan lapisan anti air atau tidak.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, usahakan agar lantai kayu tidak terlalu lama terkena air. Pasalnya, lantai kayu yang terlalu lama terkena air akan mengalami pemuaian hingga perekatnya yang lepas.

Lebih gawatnya lagi, hal tersebut juga dapat memicu pertumbuhan jamur sehingga lantai kayu akan mengalami pelapukan. Ya, terlebih untuk tipe lantai kayu yang tidak memiliki lapisan anti air.

4. Manfaatkan Cuka Apel

Perlu diketahui bahwa kotoran yang terlalu lama menempel di lantai kayu itu bisa membuat warnanya menjadi gelap dan kusam. Tentu saja hal tersebut akan membuat tampilan lantai kayunya menjadi tidak sedap dipandang lagi.

Manfaatkan Cuka Apel

Kabar baiknya, ternyata ada salah satu cara alami yang bisa kamu lakukan untuk membuat lantai kayu tersebut tampil mengkilap kembali yakni dengan menggunakan cuka apel.

Mengenai caranya, larutkan cuka apel sebanyak 60 ml kedalam satu liter air. Kemudian masukkan ke dalam spray (botol semprot), dan semprotkan cukanya pada lantai kayu yang terlihat kusam. Setelah itu gunakan kain microfiber yang lembut untuk membersihkannya, dan pastikan kondisi lantai kayunya kering.

5. Gunakan Vacuum Cleaner

Vacuum cleaner pada umumnya digunakan untuk membersihkan karpet dan tempat tidur. Mulai saat ini, kamu harus membersihkan lantai kayu dengan menggunakan vacuum cleaner. Tak perlu setiap hari, kamu hanya perlu melakukannya beberapa hari saja.

Gunakan Vacuum Cleaner

Misalkan tiga hari sekali atau sepekan sekali. Ya, hal ini bertujuan agar kotoran yang terdapat pada celah-celah lantai kayu tersebut terangkat semuanya. Pasalnya, kotoran yang terlalu lama mengendap di celah tadi akan membuat lantai kayunya menjadi cepat rusak.

Selain itu, Ketika kamu hendak memindahkan barang-barang furniture seperti meja atau kursi, sebaiknya jangan digeser atau diseret. Soalnya, hal tersebut dapat meninggalkan bekas goresan pada lantai kayu akibat gesekan dari furniture.

Dengan kata lain, kamu harus memindahkan meja atau kursi tadi dengan cara diangkat dan bukan digeser.

Baca Juga : Perbandingan Lantai Parket Kayu Vs Keramik yang Menarik Untuk Dibahas

6. Hindari Penggunaan Benda-benda Tajam

Seiring dengan usia penggunaan, biasanya pada permukaan lantai kayu akan muncul celah-celah kecil. Tentu saja pada celah-celah kecil tersebut bisa menjadi tempat berkumpulnya debu-debu kotor, maupun sisa makanan yang tidak sengaja jatuh kedalamnya.

Hindari Penggunaan Benda-benda Tajam

Sayangnya, banyak pengguna lantai kayu yang sering menggunakan peralatan dengan ujung runcing seperti pisau, cutter, atau garpu untuk membersihkan kotoran tersebut. Mungkin sekali dua kali penggunaannya tidak akan berdampak pada lantai kayu.

Tapi jika sering menggunakan alat-alat tajam saat membersihkannya, tentu saja hal itu akan merusak permukaan lantai kayu.

Nah, untuk membersihkan kotoran di celah-celah tadi, sebaiknya kamu menggunakan kain microfiber. Caranya pun sangatlah mudah, yang mana kamu hanya tinggal membasahi kainnya dengan sedikit air, kemudian lap celah-celahnya secara perlahan.

Bagi kamu yang suka menggunakan sepatu hak tinggi (high heels), sebaiknya sepatu tersebut dilepas dulu sebelum menginjak lantainya. Hal itu bukan tanpa sebab, karena bagian ujung high heels tergolong cukup tajam sehingga berpotensi akan merusak lantai kayu.

Nah, itulah beberapa cara mudah yang bisa kamu praktekkan untuk merawat lantai parket kayu tanpa modal besar.

Post a Comment for "Tak Perlu Modal Besar! Begini Cara Mudah Merawat Lantai Parket Kayu Solid"