Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

 OFFICIAL WEBSITE

Tisna Nugraha ✆ 0812-1001-419
Informasi produk >>> Harga Lantai Kayu

Begini Bentuk dan Karakterisik Lantai Laminate

Karakteristik lantai laminate

Karakteristik lantai laminate – Di era yang serba modern seperti sekarang ini, tampaknya material sintetis mulai mendominasi dalam bidang konstruksi. Hal itu bukan tanpa alasan, karena material sintetis dinilai lebih praktis dan ekonomis.

Laminate flooring pun menjadi salah satu material lantai sintetis yang saat ini sedang menjadi tren dikalangan masyarakat luas. Kendati demikian, tak sedikit juga dari masyarakat yang belum tahu seputar laminate flooring.

Nah, buat kamu yang belum tahu tentang laminate flooring, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

Apa Itu Laminate Flooring?

Perlu diketahui, laminate flooring merupakan material sintetis yang terbuat dari bahan serbuk kayu dan dicampur dengan resin. Adapun ukuran panjangnya yang mencapai sekitar 1,28 meter sampai 1,3 meter, sedangkan ketebalannya berkisar 8 mm sampai 12 mm.

Tak hanya itu, terdapat juga fitur klik (interlock) pada bagian kanan dan kirinya sehingga membuat proses pemasangannya menjadi lebih mudah. Setidaknya ada 4 lapisan yang terdapat pada laminate flooring seperti berikut:

pengertian Laminate Flooring

  • Untuk bagian bawahnya terdapat lapisan pelindung berbahan melamin yang berfungi untuk melindungi kayu dari kelembapan.
  • Sementara bagian atasnya dibekali dengan bahan utama yang disebut High Density Fiber (HDF)
  • Pada bagian atasnya lagi terdapat material dekoratif bermotif kayu sehingga tampilannya menyerupai kayu asli
  • Adapun bagian teratasnya berupa lapisan film transparan yang berperan sebagai pelindung anti gores dan anti air.

Jenis Laminate Flooring

Sebenarnya jenis material laminate flooring akan dibedakan berdasarkan fungsi. Ya, mulai dari lantai laminate, dinding laminate, plafon, kabinet, dan lain sebagainya. Adapun mengenai berbagai penggunaan laminate flooring untuk berbagai kebutuhan interior rumah seperti dibawah ini:

1. Laminate Untuk Lantai

Laminate Untuk Lantai

2. Laminate Untuk Pelapis Dinding

Laminate Untuk Pelapis Dinding

3. Laminate Untuk Plafon

Laminate Untuk Plafon

4. Laminate Untuk Kabinet Dapur

Laminate Untuk Kabinet Dapur

5. Laminate Untuk Pijakan Tangga

Laminate Untuk Pijakan Tangga

Keuntungan Menggunakan Lantai Laminate

1. Banyak Pilihan Motif

Tak hanya menyediakan motif kayu, laminate flooring juga hadir kedalam berbagai varian motif menarik lainnya seperti keramik, marmer, granit, dan masih banyak lagi. Tentu saja hal tersebut akan membuatmu lebih leluasa lagi dalam memilih laminate flooring yang sesuai dengan konsep rumah.

Dengan menggunakan laminate flooring, secara otomatis tampilan rumahmu akan tampak lebih elegan, mewah, dan berestetika tinggi.

2. Nyaman Saat Dipijak

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa laminate flooring telah dilengkapi dengan lembaran busa yang berperan sebagai peredam ketika kamu berpijak diatasnya. Hebatnya lagi, lembaran busa tersebut juga berguna untuk menahan beban secara optimal.

Belum lagi tekstur permukaannya yang cukup halus, sehingga dapat meningkatkan rasa nyaman terhadap pijakan kaki.

3. Tidak Membutuhkan Perawatan Khusus

Ngomong-ngomong soal jenis material lantai yang mudah dirawat, maka penggunaan laminate flooring ini merupakan pilihan paling tepat. Pasalnya, laminate flooring mempunyai ketahanan yang tinggi terhadap noda membandel.

Dengan begitu, kamu hanya perlu mengepel laminate flooring seperti biasa karena tekstur permukaan lantainya yang halus sehingga mampu mengangkat noda dengan cepat. Supaya hasilnya lebih maksimal, sesekali kamu harus membersihkan bagian celah-celahnya dengan menggunakan vacuum cleaner.    

Bahkan yang lebih menariknya lagi, tidak menimbulkan alergi lho. Ya, hal ini dikarenakan komposisi laminate flooring yang tidak mengandung serbuk-serbuk sehingga membuatnya aman digunakan, bahkan untuk penderita alergi sekalipun.

4. Proses Pemasangan yang Cukup Mudah

Inilah salah satu alasan yang menjadikan laminate flooring sering digunakan oleh masyarakat. Pasalnya, proses pemasangan laminate flooring memang lebih simple dan praktis ketimbang material lantai lainnya, sehingga membuat waktu menjadi semakin efisien.

Tentu saja laminate flooring sangat cocok bagi mereka yang ingin mendapatkan proses pengerjaan cepat. Bahkan, orang awam sekalipun tidak akan terlalu kesulitan saat memasang laminate flooring sendirian.

Namun, sebaiknya kamu meminta bantuan kepada jasa tukang agar pemasangan lantai laminate lebih rapi dan presisi.

5. Harga Lebih Murah Dari Parket Solid

Apabila material laminate flooring yang terbuat dari bahan sintetis, maka lantai parket solid terbuat dari bahan kayu solid (kayu asli) tanpa adanya campuran bahan asing.

Mengingat akan hal itu, maka wajar saja jika harga laminate flooring jauh lebih murah ketimbang lantai kayu solid. Meski menawarkan harga yang lebih murah, namun tingkat kekuatan dan ketahanan pada laminate flooring ini tidaklah murahan.

Apakah Lantai Laminate Dengan Lantai Vinyl Sama?

perbandingan lantai laminate dan vinyl

Dikarenakan sama-sama terbuat dari bahan sintetis, maka wajar saja jika banyak masyarakat yang beranggapan bahwa lantai laminate itu sejenis vinyl.

Selain memiliki persamaan dari segi materialnya, bahkan laminate flooring dan lantai vinyl juga memiliki kesamaan dari segi tekstur dan coraknya. Padahal, terdapat beberapa perbdaan yang cukup mencolok diantara lantai laminate dengan lantai vinyl.

Artikel Serupa: Mengenal Jenis-jenis Lantai Vinyl Beserta Harga Terbarunya

Nah, seperti itulah ulasan singkat mengenai seluk beluk lantai laminate. Untuk info pemesanan lantai laminate maupun lantai vinyl, silahkan hubungi marketingnya pada nomor yang sudah tertera di website ini. 

 

 

 

 

Post a Comment for " Begini Bentuk dan Karakterisik Lantai Laminate"