Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

 OFFICIAL WEBSITE

Tisna Nugraha ✆ 0812-1001-419
Informasi produk >>> Harga Lantai Kayu

Seperti Inilah Cara Merawat Lantai yang Berdasarkan Jenisnya

Cara merawat lantai

Cara merawat lantai – Selain kualitas, cara perawatan yang tepat juga memiliki pengaruh besar terhadap tampilan maupun daya tahan sebuah material. Begitu juga dengan lantai yang memang membutuhkan perawatan secara rutin dan berkala.

Akan tetapi, tidak semua jenis lantai bisa diberi perawatan dengan cara yang sama lho. Hal itu bukan tanpa alasan, karena setiap jenis lantai terbuat dari bahan material yang berbeda-beda.

Maka dari itu, penting bagi kamu untuk mengetahui cara merawat lantai yang berdasarkan jenis bahannya.

Nah, secara kebetulan juga pada ulasan kali ini akan membahas seputar cara merawat lantai ang berdasarkan jenisnya. Tanpa banyak panjang lebar lagi, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Tips Merawat Lantai Sesuai Materialnya

1. Lantai Kayu Solid

Belakangan ini penggunaan lantai kayu solid sudah semakin banyak diminati. Pasalnya, penggunaan lantai kayu solid dapat menonjolkan nuansa mewah, elegan, hangat, dan natural.

Tips Merawat Lantai kayu solid

Selain unggul dari segi estetika, bahkan penggunaan lantai kayu solid juga diklaim memiliki dampak yang bagus untuk kesehatan tubuh lho. Namun, material lantai yang satu ini tidak terlalu tahan terhadap genangan air.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena genangan air tersebut akan memicu terjadinya pelapukan dan pertumbuhan jamur yang membuat lantai kayu menjadi mudah keropos. Oleh karena itu, segera keringkan permukaan lantai kayu solid setelah kamu selesai mengepelnya.

Baca Selengkapnya: Cara Merawat Lantai Parket Kayu

2. Lantai Marmer

Saat hendak mengepel lantai marmer, sebaiknya gunakan kain yang bertekstur lembut. Mengapa demikian? Ya, hal tersebut bertujuan agar tidak menimbulkan goresan pada permukaan antai marmer.

Tips Merawat Lantai marmer

Disarankan juga bagi kamu untuk menggunakan cairan pembersih khusus lantai marmer agar hasilnya lebih maksimal. Apabila cairan pembersih khususnya tidak ada, kamu bisa memanfaatkan baking soda untuk membersihkan bagian-bagian lantai marmer yang sulit dibersihkan.

Silahkan campurkan baking soda dengan air secukupnya, lalu aduk-aduk hingga membentuk seperti pasta. Setelah itu celupkan lap kain yang bertekstur kedalam pasta tersebut, kemudian pel permukaan lantai marmernya.

Jika sudah demikian, segera bilas dengan menggunakan lap kain lembut yang bersih. Dengan begitu, maka tampilan lantai marmer akan tampak seperti baru lagi lho.

3. Lantai Granit

Pada dasarnya, cara perawatan lantai granit tidak berbeda jauh dengan jenis lantai keramik. Pasalnya, kamu hanya perlu mengepel dan menyapunya secara rutin. Namun, cara mengepel pada lantai granit ini tidak boleh dilakukan dengan sembarangan.

Tips Merawat Lantai granit

Dalam hal ini, pastikan lantai granit dalam keadaan kering setelah di pel dengan cara mengelapnya menggunakan kain yang berbahan micro fiber. Mengapa demikian?

Apabila lantai granit dibiarkan basah dan mengering dengan sendirinya, maka air sisanya bisa menimbulkan noda yang akan sulit dihilangkan. Ketika noda tersebut sudah muncul, tentu saja kamu harus memoles ulang kembali lantai granitnya.

4. Lantai Karpet

Tips Merawat Lantai karpet

Selain menawarkan harga yang relative murah, karpet juga menghadirkan banyak motif sehingga dapat di pilih sesuai selera. Biasanya karpet sering diaplikasikan pada area ruang tamu dan ruang keluarga.

Namun, lantai karpet rawan terhadap berbagai permasalahan yang mudah menyerap kotoran, noda, bulu hewan, dan lain sebagainya.

Jika tidak dirawat dengan baik, tentu saja lantai karpet dirumah anda akan menjadi sarang kuman dan bakteri! Adapun mengenai beberapa cara perawatan pada lantai karpet seperti berikut:

  • Sedot menggunakan vacuum cleaner beberapa kali dalam seminggu
  • Lindungi bagian karpet yang sering dilewati menggunakan pelapis lantai
  • Membersihkan karpet menggunakan sapu lidi untuk mengangkat kotoran disela-selanya
  • Segera bersihkan karpet dari tumpahan noda cairan
  • Bersihkan karpet dengan menggunakan mesin pembersih uap.

5. Lantai Keramik

Tips Merawat Lantai keramik

Pastinya kita semua sudah tidak asing lagi dengan material lantai yang satu ini bukan? Sebenarnya cara perawatan lantai keramik ini tidaklah seribet pada jenis-jenis material lantai lainnya. Ketika ada kotoran maupun debu, anda hanya perlu menyapu dan mengepelnya seperti biasa saja.

Bahkan ketika ada noda yang cukup membandel, anda bisa membersihkannya menggunakan bahan-bahan alami seperti berikut:

  • Membersihkan Lantai Keramik Menggunakan Pasta Gigi

Tak banya orang yang tahu bahwa pasta gigi bisa digunakan untuk membersihkan dan dan memutihkan permukaan lantai keramik. Caranya pun sangat mudah, oleskan pasta gigi pada lantai keramik, diamkan beberapa saat, lalu sikat perlahan menggunakan sikat.

Artikel Serupa: Yuk, Kita Kenali Macam Ukuran dan Motif Lantai Keramik

  • Membersihkan Lantai Keramik Menggunakan Lemon

Perlu kamu ketahui, buah lemon mempunyai kandungan zat antibakteri yang dapat membunuh kuman dalam sekejap serta mengusir bau tak sedap. Siapkan beberap buah lemon, peras airnya lalu campurkan kedalam air hangat dengan perbandingan 1:3.

Berikutnya masukkan kedalam botol spray, kemudian semprotkan pada permukaan lantai keramik, dan diamkan beberapa saat. Setelah itu pel menggunakan kain bersih, sehingga lantai keramik akan tampak lebih mengkilap.

  • Membersihkan Lantai Keramik Menggunakan Cuka

Selain lemon, kamu juga dapat memanfaatkan cuka untuk membersihkan lantai keramik. Untuk cara kerjanya, kamu bisa melihat seperti pada yang cara lemon tadi.

Itu dia ulasan singkat mengenai cara merawat lantai yang berdasarkan jenis bahannya, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan penambah wawasan. 

 

 

 

Post a Comment for "Seperti Inilah Cara Merawat Lantai yang Berdasarkan Jenisnya"