Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

 OFFICIAL WEBSITE

Tisna Nugraha ✆ 0812-1001-419
Informasi produk >>> Harga Lantai Kayu

Ingin Gunakan Plafon Kalsiboard? Simak Dulu Seluk-beluknya

 Material plafon kalsiboard

Material plafon kalsiboard – Kebanyakan hunian di seluruh dunia sudah dilengkapi dengan plafon. Hal itu bukan tanpa alasan, karena plafon memang menjadi salah satu elemen yang tak dapat dipisahkan dalam hunian.

Dari segi fungsinya, plafon berperan sebagai material penutup rangka atap sehingga tampilan langit-langit menjadi lebih berestetika. Tak hanya itu, bahkan plafon juga berfungsi sebagai pengatur suhu udara yang masuk melalui atap.

Ada berbagai jenis material plafon yang tersedia dipasaran, dimana masing-masingnya memiliki karakteristik tersendiri. Kalsiboard pun menjadi salah satu jenis material yang kerap diaplikasikan sebagai plafon hunian.

Nah, untuk mengenal lebih jauh lagi seputar plafon kalsiboard, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Apa Itu Kalsiboard?

Pada dasarnya, Kalsiboard merupakan sebuah produk yang berupa lembaran papan menyerupai triplek. Adapun material kalsiboard yang terbuat dari bahan pasir silika dengan campuran semen dan selulosa.

pengertian kalsiboard

Semua bahan-bahan tersebut akan diproses dalam suhu bertekanan tinggi, sehingga terciptalah lembaran papan bertekstur padat.

Jika dilihat dari bentuknya, sekilas kalsiboard ini memang sangat mirip dengan gypsum. Begitu pun dengan fungsinya, yang mana kalsiboard kerap diaplikasikan untuk pelapis dinding dan plafon rumah.

Harga kalsiboard dipasaran sangatlah bervariasi, karena akan dibedakan berdasarkan ukuran lebar dan ketebalannya. Semakin tebal dan lebar ukurannya, maka akan semakin mahal pula harga dari kalsiboard tersebut. Selain ukuran, harga kalsiboard juga dibedakan berdasarkan jenisnya.

Mengenal Jenis-jenis Kalsiboard

1. Kalsifloor

Berbicara soal jenis papan kalsiboard yang dapat memudahkan proses pemasangan, maka jenis Kalsifloor ini merupakan pilihan yang paling tepat. Pasalnya, bobot Kalsifloor adalah yang paling ringan dibanding jenis-jenis papan kalsiboard lainnya.

Kalsifloor

Disamping bobotnya yang ringan, bahkan pada  pemasangan Kalsifloor ini tidak membutuhkan proses pengecoran lho. Itu sebabnya, mengapa jenis Kalsifloor selalu menjadi pilihan utama bagi mereka yang ingin mendapatkan proses pemasangan dalam waktu singkat.

Bahkan, Kalsifloor pun menjadi solusi paling tepat untuk pengerjaan yang membutuhkan waktu cepat. Selain cocok diaplikasikan untuk dinding dan pladon, Kalsifloor juga sangat ideal diaplikasikan pada bangunan-bangunan tinggi.

Adapun ukuran ketebalan papan Kalsifloor yang tersedia mulai dari 3 mm hingga 20 mm.

Baca juga: Keunggulan Plafon Kayu

2. Kalsipart

Tak berbeda jauh dengan kalsifloor, yang mana Kalsipart juga memiliki bobot yang lebih ringan dibanding jenis kalsiboard lainnya. Sehingga tak heran jika penggunaan Kalsipart dinilai lebih fleksibel saat proses bongkar pasang.

Kalsipart

Kabarnya, jenis Kalsipart ini sering diaplikasikan sebagai dinding sekat di pusat perbelanjaan, kamar darurat di rumah sakit, hingga hunian pribadi. Tak hanya itu, bahkan Kalsipart juga sering diaplikasikan sebagai partisi di ruang perkantoran.

3. Kalsirata

Biasanya jenis kalsirata memiliki ketebalan hingga mencapai 3 mm dengan ukuran panjang dan lebar sekitar 1 meter.

Kalsirata

Menurut informasi yang didapat, kalsirata yang paling banyak digunakan itu adalah yang ukurannya tidak terlalu besar. Hal itu bukan tanpa alasan, karena ukuran kalsirata yang tidak terlalu besar dapat memudahkan ketika diangkat maupun proses pemasangannya.

Mengenai pemanfaatannya, jenis kalsirata sering diaplikaskan untuk plafon rumah. Meski proses pemasangannya terbilang cukup mudah, namun proses pengerjaannya lebih baik dilakukan oleh orang yang memang ahli dibidangnya.

4. kalsiling

Untuk tampilan bentuknya, sekilas memang tidak ada yang berbeda antara jenis kalsiling dengan jenis kalsirata tadi. Hanya saja perbedaan dari kedua jenis kalsiboard tersebut terdapat pada ukuran panjang, ketebalan, dan lebarnya.

kalsiling

Disamping itu, kalsilling menyediakan beragam varian ketebalan sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan interior dinding rumah. Bahkan, jenis kalsillingi juga sangat cocok digunakan untuk kebutuhan plafon rumah.

Pada penggunaan plafon rumah, kamu bisa menggunakan bermacam material rangka, entah itu rangka besi atau rangka kayu. Jika ukuran kalsilling yang digunakan cukup besar dan berat, maka kamu harus menggunakan rangka berbahan besi.

Seandainya bobot kalsilling tersebut terbilang ringan, maka material kayu pun sudah cukup digunakan untuk rangkanya.

5. Kalsiplank

Kalsiplank

Untuk tingkat kekuatannya, mungkin jenis Kalsiplank ini tidak terlalu diandalkan. Namun dari segi keindahan, maka jenis Kalsiplank inilah yang menjadi juaranya.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena Kalsiplank tersedia kedalam berbagai varian motif menarik, mulai dari motif original hingga motif kayu-kayuan yang menyerupai kayu jati.

6. Kalsiclad

Seperti jenis-jenis kalsiboard sebelumnya, yang mana Kalsiclad ini juga kerap aplikasikan sebagai pelapis dinding untuk mempecantik tampilan interior rumah. Menariknya lagi, ternyata Kalsiclad ini bisa digunakan untuk kebutuhan eksterior.

Kalsiclad

Itu sebabnya, mengapa Kalsiclad merupakan alternatif terbaik sebagai pengganti gypsum. Papan Kalsiclad dipasaran tersedia kedalam beragam ukuran yang berbeda-beda, entah itu dari sisi ketebalan, panjang, lebar, hingga tingkat ketahanannya.

Apabila kamu ingin mengaplikasikan Kalsiclad, sebaiknya tambahkan material khusus yang berupa rangka baja. Ya, hal ini bertujuan agar Kalsiclad bisa terpasang dengan kuat dan tidak mudah goyah.

Selain itu, proses pemasangan papan Kalsiclad juga harus mempertimbangkan berbagai faktor alam, seperti terpaan angin kencang, gempa bumi, dan lain sebagainya.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai jenis-jenis kalsiboard beserta fungsinya. Bagaimana, tertarik untuk menggunakan plafon kalsiboard?

 

 

Post a Comment for "Ingin Gunakan Plafon Kalsiboard? Simak Dulu Seluk-beluknya"