Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

 OFFICIAL WEBSITE

Tisna Nugraha ✆ 0812-1001-419
Informasi produk >>> Harga Lantai Kayu

Ingin Beli karpet Untuk Lantai Rumah? Cek Dulu Jenis-jenis Bahannya

 

Jenis bahan karpet rumah

Jenis bahan karpet rumah – Sebagaimana yang sudah diketahui, bahwa karpet merupakan salah satu jenis dekorasi yang hampir semua rumah menggunakannya.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena keberadaan karpet dapat mempertegas kesan indah dan hangat dalam sebuah hunian. Bahkan, penggunaan karpet juga bisa meningkatkan rasa nyaman lho.

Akan tetapi, hal tersebut tergantung pada jenis bahan karpet yang digunakan. Ya, sebab pada masing-masing jenis bahan karpet mempunyai karakteristiknya tersendiri. Mulai dari tekstur, warna, motif, hingga harga.

Nah, buat kamu yang ingin tahu seputar jenis-jenis bahan karpet untuk lantai rumah, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

6 Jenis Bahan Karpet Lantai Rumah

1. Karpet Vinyl

Ini dia salah satu jenis bahan karpet lantai terbaik yang direkomendasikan untuk kamu. Pasalnya, karpet vinyl memiliki tekstur yang halus dan lembut. Sehingga tak heran jika penggunaan karpet vinyl ini dapat menghadirkan kenyamanan yang maksimal saat dipijak.

Karpet Vinyl

Biasanya, jenis karpet vinyl kerap digunakan untuk melapisi seluruh permukaan lantai agar dapat memberikan nuansa yang lebih berbeda. Adapun mengenai beragam ukuran karpet vinyl yang tersedia dipasaran, mulai dari 0,5 mm hingga 2,2 mm.

Bukan hanya itu, karpet vinyl juga menghadirkan berbagai varian motif seperti motif kayu, motif bebatuan, motif keramik, dan masih banyak lagi.

Artikel serupa: Mengenal Jenis-jenis Lantai Vinyl Beserta Harga Terbarunya

2. Karpet Wol

Berbicara soal jenis bahan karpet yang mempunyai tekstur super lembut, maka karpet berbahan wol ini merupakan pilihan paling tepat. Ya, sebab karpet wol tampil dengan bentuk menyerupai bulu-bulu halus yang dapat meningkatkan rasa nyaman.

Karpet Wol

Meski bertekstur halus, ternyata karpet wol memiliki daya tahan tinggi serta tahan terhadap air maupun nodal lho.

Itu sebabnya, mengapa karpet wol selalu dibanderol dengan harga yang lumayan mahal. Bukan hanya itu, karpet wol juga membutuhkan perawatan khusus dan tepat agar awet sehingga bisa digunakan selama bertahun-tahun.

3. Karpet Katun

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa karpet katutn adalah yang paling umum digunakan oleh masyarakat. Hal itu bukan tanpa alasan, karena karpet katun menawarkan harga yang relatif lebih murah dibanding jenis-jenis bahan karpet lainnya.

Karpet Katun

Menariknya lagi, karpet katun juga tersedia kedalam beragam motif, warna, dan ukuran yang tentunya dapat kamu pilih sesuai selera.

Akan tetapi, tingkat kekuatan pada karpet yang satu ini tidak mampu bertahan lama. Itu sebabnya, mengapa jenis karpet katun sering ditempatkan pada area-area ruangan yang tidak terlalu sering dilalui oleh orang-orang.

4. Karpet Nylon

Tak hanya karpet katun, karpet bahan nylon juga menjadi salah satu jenis karpet yang selalu dipilih oleh masyarakat. Untuk spesifikasinya, jenis karpet nylon ini memiliki tingkat kekuatan yang cukup bagus.

Karpet Nylon

Selain itu, bobot karpet nylon jauh lebih ringan sehingga membuatnya mudah dibawa kemana-mana. Belum lagi harga karpet nylon yang ramah dikantong, sehingga cocok bagi kamu yang ingin mempercantik tampilan rumah dengan minim budget.

Walaupun harganya yang relatif murah, namun penggunaan karpet nylon juga dapat meningkatkan nilai estetika pada sebuah hunian.

5. Karpet Polypropylene

Mungkin masih banyak dari masyarakat yang belum terlalu familiar dengan karpet bahan Polypropylene. Pada dasarnya, karpet Polypropylene ini terbuat dari bahan serat sintetis yang memiliki teksur elastis.

Karpet Polypropylene

Selain memiliki tekstur yang elastis, bahkan karpet Polypropylene juga sangat mudah dibersihkan dan tidak membutuhkan perawatan khusus.

Namun, terdapat satu kekurangan dari karpet Polypropylene yang harus kamu ketahui. Ya kekurangan dari karpet Polypropylene, yakni warna permukaannya yang mudah memudar seiring berjalannya waktu.

6. Karpet Sutra

Jenis bahan karpet rumah terbaik berikutnya yang jangan sampai kamu lewatkan, yakni berupa karpet sutra.

Karpet Sutra

Akan tetapi, harga karpet sutra di pasaran memang relatif mahal. Meski dibanderol dengan harga yang mahal, namun hal tersebut sangat sebanding dengan kualitas yang dimilikinya.

Bagaimana tidak? Sebab penggunaan karpet bahan sutra dapat mempertegas nuansa mewah, elegan, dan glamour. Seiring dengan berjalannya waktu, kini karpet Sutra menghadirkan berbagai varian motif, warna, dan ukuran sehingga bisa kita pilih sesuai dengan konsep rumah.

Tips yang Benar Merawat Karpet Rumah

Setelah mengetahui jenis-jenis bahan karpet, mari kita lanjutkan ke pembahasan berikutnya mengenai tips merawat karpet dengan benar.

Adapun mengenai beberapa langkah-langkah yang bisa kamu lakukan dalam merawat karpet lantai rumah seperti berikut:

* Bersihkan Dengan Sikat

Jika kamu memiliki hewan peliharaan seperti kucing atau anjing, sudah pasti bulu-bulunya akan menempel pada permukaan karpet.

Oleh karena itu, kamu harus membersihkan karpetnya secara manual dengan menggunakan sikat. Namun, gunakanlah sikat yang berbulu lembut agar tidak merusak permukaan karpet.

* Menggunakan Vacuum Cleaner

Penggunaan vacuum cleaner memang lebih mudah dan praktis dalam membersihkan karpet lantai. Tak hanya itu, bahkan vacuum cleaner juga sudah terbukti efektif untuk membersihkan kotoran maupun debu yang bersarang di karpet.

Akan tetapi, kamu jangan sampai lupa untuk membersihkan bagian bawah karpet. Pasalnya, pada bagian bawah karpet juga kerap terjadi penumpukkan kotoran.

* Mencuci karpet Dengan High Pressure Cleaner

Untuk kamu yang tidak ingin dibuat repot saat hendak mencuci karpet, maka gunakanlah High Pressure Cleaner. Lantas, bagaimana caranya?

Mengenai caranya, kamu hanya tinggal menggantungkan karpetnya terlebih dulu, kemudian semprotkan air yang bertekanan tinggi melalui mesin High Pressure Cleaner. Dalam hal ini, disarankan untuk fokus pada satu titik, lalu gosok karpetnya dengan menggunakan sikat yang bertekstur halus.

* Menggunakan Detergen Khusus

Tips yang satu ini hanya berlaku pada jenis karpet berbahan nylon atau polyester. Ya, kamu harus menggunakan detergen khusus agar tidak merusak serat pada karpet nylon.

Untuk caranya, silahkan campurkan detergen kedalam ember yang sudah diisi air hangat, kemudian gosok karpetnya secara perlahan. Jika sudah demikian, bilas karpet dengan menggunakan air bersih.

Nah, seperti itulah ulasan singkat mengenai jenis-jenis bahan karpet lantai rumah terbaik beserta tips membersihkannya.

Bagaimana, apakah kamu berminat untuk membeli salah satu jenis bahan karpet tersebut?

Post a Comment for "Ingin Beli karpet Untuk Lantai Rumah? Cek Dulu Jenis-jenis Bahannya"