Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

 OFFICIAL WEBSITE

Tisna Nugraha ✆ 0812-1001-419
Informasi produk >>> Harga Lantai Kayu

Ini 6 Material Lantai yang Cocok Untuk Area Balkon

Lantai untuk balkon

Lantai untuk balkon – Pada bangunan rumah yang bertingkat, tentu saja balkon menjadi salah satu area yang tak bisa dipisahkan.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena area balkon kerap digunakan untuk kegiatan santai. Ya, seperti menikmati secangkir kopi sambil melihat pemandangan sekitar, membaca buku, dan kegiatan santai lainnya.

Namun, tingkat kenyamanan dan keindahan di area balkon sangat dipengaruhi oleh jenis material yang digunakan sebagai pijakan lantai. Pasalnya, setiap jenis material lantai memiliki ciri khasnya tersendiri lho.

Lalu, jenis material lantai manakah yang cocok diterapkan di area balkon? Nah, untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Material Lantai Terbaik Untuk Balkon

1. Lantai Kayu Solid

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa belakangan ini penggunaan lantai kayu solid mulai banyak dilirik oleh masyarakat, terlebih untuk kalangan menengah ke atas.

Material Lantai Terbaik Untuk Balkon - lantai kayu solid

Hal itu bukan tanpa alasan, karena penggunaan lantai kayu solid dapat menghadirkan kesan yang mewah dan natural. Tak hanya itu, bahkan lantai kayu solid juga memiliki tingkat ketahanan yang baik sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Akan tetapi, lantai kayu solid memang membutuhkan perawatan khusus guna menjaga kualitasnya tetap baik. Lantas, bagaimana cara merawat lantai kayu solid dengan benar?

Baca selengkapnya: Tak Perlu Modal Besar! Begini Cara Mudah Merawat Lantai Parket Kayu Solid

2. Lantai Semen (Lantai Plester)

Pastinya kita semua sudah tahu bahwa lantai semen merupakan jenis lantai paling sederhana dan juga paling murah dari segi biaya. Pasalnya, proses pengerjaan lantai semen ini tidak berbeda jauh dengan proses pengerjaan memplester dinding yang di-aci sampai halus.

Material Lantai Terbaik Untuk Balkon - lantai semen

Namun, terdapat juga perbedaan pada diantara kedua proses pengerjaan tersebut. Untuk proses pengerjaan lantai, maka akan dilakukan langkah penggosokan hingga halus dan mengkilap. Dengan begitu, maka warna yang dihasilkannya akan sama dengan warna semen pasir dan cenderung lebih gelap.

Ada beberapa penerapan yang dilakukan dengan merata (covering) dalam luas ruang, maka terdapat kelemahan saat terjadi retak karena tidak bisa diganti dengan material lain. Itu sebabnya mengapa keretakan pada lantai plester harus ditambal dengan bahan yang sama, yaitu pasir dan semen.

3. Lantai Keramik

Sudah bukan rahasia lagi bahwa lantai keramik memiliki fleksibilitas pemakaian yang tinggi, serta bisa diaplikasikan pada hampir seluruh bagian rumah.

Material Lantai Terbaik Untuk Balkon - lantai keramik

Tak hanya kuat dan kokoh, bahkan lantai keramik juga tidak membutuhkan proses pemolesan dan mudah dirawat. Belum lagi harga lantai keramik yang cenderung murah dibandingkan dengan jenis-jenis material lantai lainnya, serta bisa dibeli secara eceran.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, kini lantai keramik menghadirkan berbagai macam warna, motif, dan ukuran sehingga bisa anda pilih sesuai dengan konsep balkon.

Adapun mengenai berbagai macam motif keramik yang dapat kita jumpai dipasaran, mulai dari motif bebatuan, kayu-kayuan, dan masih banyak lagi.

Itu sebabnya, maka wajar saja jika keramik merupakan salah satu jenis lantai yang paling populer di pasaran.

4. Lantai WPC

Material Lantai Terbaik Untuk Balkon - lantai wpc

Meskipun tampilan bentuknya menyerupai lantai kayu solid, sebenarnya lantai WPC ini terbuat dari bahan sintetis.

Perlu diketahui, material WPC itu sendiri terbuat dari serat plastik sebanyak 50% dan serbuk kayu 50%. Hasilnya, WPC tampil dengan tingkat kekuatan yang begitu mumpuni. Tak hanya kokoh dan kuat, bahkan material WPC juga dapat menampilkan keindahan yang tidak kalah dengan material kayu asli.

Bukan Cuma itu, lantai WPC pun terbukti tahan terhadap faktor cuaca sehingga membuatnya cocok diaplikasikan di area outdoor seperti balkon.

5. Lantai Marmer

Biasanya material marmer tampil dengan tekstur dan pola yang tidak beraturan. Dari segi harga, lantai marmer memang lebih mahal diantara jenis bahan lantai lainnya. Ya, hal ini dikarenakan ketersediaan bahan baku marmer yang sangat terbatas.

lantai terbaik untuk balkon - Lantai Marmer
foto@Kanggo.com

Selain dapat memberikan nuansa yang mewah dan elegan, lantai marmer juga sudah terbukti kuat dan tahan lama.

Namun, ada satu kelemahan pada lantai marmer yang harus kalian ketahui, yakni memiliki pori-pori relatif besar. Itu artinya, lantai marmer membutuhkan perawatan yang ekstra. Mengapa demikian?

Soalnya, lantai marmer memiliki sifat yang mudah menyerap cairan serta meninggalkan noda apabila tidak segera dibersihkan.

6. Lantai Granit

Jenis material lantai terbaik berikutnya yang cocok diaplikasikan di area balkon, yakni berupa lantai granit. Seperti halnya dengan lantai marmer, dimana granit juga termasuk kedalam golongan material lantai kelas mewah.

lantai terbaik untuk balkon - Lantai granit

Namun, pori-pori pada lantai granit lebih rapat sehingga membuatnya tidak mudah menyerap cairan maupun kotoran.

Kehadiran lantai granit mampu menciptakan nuansa mewah dan elegan pada sebuah hunian. Bukan hanya itu, lantai granit juga sangat kokoh dan tahan lama.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, kini telah hadir granit sintetis yang tersedia kedalam berbagai motif dengan harga lebih murah.

Nah, itu dia beberapa jenis material lantai terbaik untuk area balkon yang paling recommended.

Bagaimana, apakah kamu juga tetarik untuk menggunakan salah satu jenis material lantai tersebut?

 

Post a Comment for "Ini 6 Material Lantai yang Cocok Untuk Area Balkon"