Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

 OFFICIAL WEBSITE

Tisna Nugraha ✆ 0812-1001-419
Informasi produk >>> Harga Lantai Kayu

Rekomendasi Jenis-jenis Lantai Kayu Tempel Dengan Kualitas Terbaik

 

Lantai kayu tempel

Lantai kayu tempel – Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa lantai menjadi salah satu elemen yang dapat menentukan tingkat keindahan dan kenyamanan dalam hunian.

Itu sebabnya, mengapa penggunaan material untuk lantai menjadi suatu hal yang wajib dipertimbangkan saat hendak membangun rumah. Pasalnya, ada beragam jenis material lantai yang tersedia dipasaran.

Tentu saja pada masing-masing jenis material lantai tersebut memiliki karakteristik yang berbeda. Ya, seperti halnya material lantai kayu yang mempunyai ciri khasnya tersendiri.

Berkat perkembangan teknologi yang semakin pesat, kini telah hadir beragam jenis lantai kayu tempel yang mudah dipasang dan ekonomis lho.

Nah, buat kamu yang ingin tahu seputar jenis-jenis lantai kayu tempel, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

5 Jenis Lantai Kayu Tempel Terbaik

1. Lantai Kayu Solid Coating

Dari namanya saja sudah sangat jelas, yang mana jenis lantai kayu tempel ini terbuat dari bahan kayu solid atau kayu asli. Sehingga tak heran jika penggunaan Lantai Kayu Solid Coating dapat menghadirkan kesan yang lebih natural dan mewah.

Lantai Kayu Solid Coating

Tak hanya itu, bahkan Lantai Kayu Solid Coating juga sudah terbukti kuat dan tahan lama. Ya, hal ini dikarenakan permukaannya sudah diberi lapisan coating yang membuatnya terlihat mengkilap dan bersih. 

Menariknya lagi, lantai kayu solid memiliki kemampuan yang dapat menciptakan sensasi hangat di dalam rumah. Tentunya penggunaan Lantai Kayu Solid Coating sangat cocok untuk mereka yang tinggal di daerah dengan cuaca dingin.

Baca selengkapnya: Alasan Lantai Kayu Solid Menjadi Pilihan Terbaik

2. Lantai Vinyl

Lantai Vinyl untuk flooring biasanya terbuat dari bahan PVC (Polyvinyl Chloride) yang memiliki tekstur fleksibel alias elastis.

Lantai Vinyl

Material PVC tersebut akan diproses dengan cara di cetak dan dibentuk dari beberapa layer, seperti compact layer, printing layer, dan UV coated wear layer. Layer-layer tersebut nantinya akan diolah dalam bentuk lembaran atau gulungan dengan beragam ukuran.

Adapun mengenai beragam motif lantai vinyl yang tersedia dipasaran, mulai dari motif kayu, keramik, batu alam, dan masih banyak lagi. Namun, lantai vinyl motif kayu menjadi yang paling banyak dicari oleh konsumen.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena lantai vinyl motif kayu memiliki tingkat keindahan yang tak kalah dengan lantai kayu solid lho. Namun, tingkat kekuatan dan ketahanan lantai vinyl memang tidak sebagus lantai kayu solid.

Selain itu, lantai vinyl juga dinilai kurang bagus untuk kesehatan karena mengandung partikel VOC. Nah, partikel tersebut akan berubah menjadi racun saat terhempas ke udara sehingga dapat membahayakan kesehatan.

3. Lantai Laminate

Selain vinyl, laminate juga merupakan salah satu jenis lantai kayu sintetis yang memang cukup laris dipasaran. Biasanya, lantai laminate tampil dengan ketebalan sekitar 8 mm hingga 12 mm, sedangkan ukuran panjangnya mencapai 1,28 m – 1,3 m. 

Lantai Laminate

Menariknya lagi, lantai laminated juga sudah dibekali dengan sistem interlocking pada samping kanan dan kirinya. Tentu saja keberadaan sistem interlocking tersebut akan mempermudah kita saat proses pemasangan.

Lantai laminate terdiri dari 4 lapis material. Pada lapisan paling bawah berupa lapisan pelindung berbahan melamin, yang berfungsi untuk melindunginya dari kelembapan.

Adapun lapisan di atasnya yang terbuat dari bahan HDF (high density fiber), dan diatasnya lagi terdapat material dekoratif motif kayu sehingga tampilannya seperti kayu solid. Sedangkan pada lapisan paling atas, yakni berupa lapisan film transparan yang berfungsi sebagai anti gores dan anti air.

4. Lantai SPC

SPC atau Stone Plastic Composite merupakan material lantai yang menggabungkan senyawa kalsium karbonat, serbuk PVC, dan stabilizer. Dengan kata lain, lantai SPC adalah bentuk pengembangan dari lantai vinyl.

Lantai SPC

Mengingat akan hal itu, sudah pasti lantai SPC memipunyai sifat tidak mudah rusak dan tidak mudah penyok. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, lantai SPC juga memiliki sifat 100% anti air lho.

Seperti halnya lantai laminate, yang mana lantai SPC juga terdiri dari beberapa lapisan, yakni Lapisan Wear Layer, Lapisan Vinyl Top Coat, Lapisan Inti, dan Lapisan Tambahan yang berfungsi sebagai peredam suara.  

Ada beberapa tipe material lantai yang umumnya bisa dengan mudah mengalami penyusutan dan pemuaian, akibat perubahan cuaca. Bahkan, ada pula jenis material lantai yang tak lama mengalami kerusakan karena rembesan air ketika musim penghujan tiba.

Salah satu keunggulan dari lantai SPC, yakni tahan terhadap serangan rayap dan anti korosi. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, tingkat penyusutan dan pemuaian pada lantai SPC juga terbilang rendah lho.

Akan tetapi, lantai SPC tidak terlalu tahan terhadap air. Itu sebabnya, lantai SPC tidak direkomendasikan untuk dipasang di area outdoor. Pasalnya, lapisan lem dan permukaan pada lantai SPC akan terkelupas jika sering terkena air dalam jangka waktu yang lama.

5. Lantai WPC

Jenis lantai kayu tempel terbaik berikutnya yang akan dibahas, yakni bernama lantai WPC. Lalu, apa yang dimaksud dengan lantai WPC?

Lantai WPC

WPC atau Wood Plastic Composite merupakan adalah gabungan antara bahan plastik dan kayu. Ya, Kedua bahan tersebut diproses dengan cara dilebur, kemudian diolah sedemikian rupa sehingga terciptalah sebuah material baru yang bernama WPC.

Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat biaya produksi dalam pengolahan material kayu asli yang begitu tinggi, sehingga WPC pun menjadi salah satu alternatif pengganti terbaiknya.

Menurut informasi yang didapat, material WPC terdiri dari serat plastik sebanyak 50% dan serbuk kayu 50%. Hasilnya, WPC tampil dengan tingkat kekuatan yang begitu mumpuni. Tak hanya kokoh dan kuat, bahkan material WPC juga dapat menampilkan keindahan yang tidak kalah dengan material kayu asli.

Tak hanya itu, lantai WPC juga tahan terhadap serangan rayap maupun hama perusak lainnya. Masih belum habis, lantai WPC pun tahan terhadap guyuran air dan panas matahari. Nah, karena hal inilah yang membuat lantai WPC bisa diaplikasikan di area indoor maupun outdoor.

Itu dia beberapa jenis lantai kayu tempel terbaik yang paling recommended. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk menggunakan salah satu jenis lantai kayu tempel tersebut?

Jika tertarik, segera hubungi marketing kami pada nomor yang sudah tertera di website ini.

 

 

 

 

 

 

Post a Comment for "Rekomendasi Jenis-jenis Lantai Kayu Tempel Dengan Kualitas Terbaik"